PT Balarea Utama

PT Balarea Utama
Spesialis Pengolahan Limbah Padat dan Cair

Kamis, 27 Januari 2011

10 Sungai terkotor,terburuk,terparah penuh limbah beracun di dunia

Astaga Yang ginian baru aja no wahid. indonesia menjadi juara satu di kategori sungai terburuk di dunia. sepertinya kita sudah terbiasa melihat pemandangan ini akankah kita tergerak untuk memperbaikinya?
“Tuhan menciptakan semua hal yang besar maupun kecil dan bumi indah yang telah memberikan manusia dengan hadiah yang cantik dan ciptaan yang luarbiasa. Salju menutupi puncak-puncak gunung bercahaya ketika sinar matahari menyentuh Kristal-kristal kecil, tetesan air jatuh membentuk sungai pada tanah yang tebal bahkan batu paling keras sekalipun, hamparan padang rumput dan pepohonan tinggi mendesir laksana berbisik dengan tenang. Tuhan menciptakan keseimbangan harmoni yang sempurna diantara tanam-tanaman, hewan, manusia dan di sekeliling mereka. tetapi manusia mengubah bentuk dunia sesuia keinginan dan pilihannya, tidak memperdulikan semua hukum alam dan dunia diambang kehancuran.
Inilah beberapa sungai yang mungkin sekali menjadi salahsatu tempat tinggal hidup akuatis paling indah tetapi sekarang menjadi tempat pembuangan sampah kita. Marilah kita melihat sungai paling buruk diseluruh dunia.
  1. Sungai Citarum, Indonesia
yang terbaik citarum sungai kita
Terkejut? itu adalah sungai Citarum di jawa barat, Indonesia. Sungai ini mungkin menyerupai kubangan sampah seperti yang anda lihat, tetapi sebenarnya sumber utama air untuk pertanian dan persediaan air untuk masyarakat sekitar. Sungai sangat tercemar dengan kegiatan manusia dan tidak ada mahluk air yang dapat bernapas di bawah sampah seperti itu. Pada bulan desember 2008 Bank Pembangunan Asia menyetujui 500 juta dolar pinjaman untuk membersihkan sungai tersebut tetapi seperti yang kita lihat ini akan membutuhkan beberapa tahun untuk dapat mengembalikan sungai mati tersebut kembali hidup.

2.  Yamuna River, India
juara ke 2
Sungai Yamuna adalah anak sungai gangga terbesar dan salah satu dari sungai yang paling tercemar di dunia dimana 58% sampah dari ibukota India New Delhi dibuang ke sungai ini. Sangat mencengangkan dicatat bahwa total Rs 1,700 crore telah dihabiskan untuk pembersihan Yamuna juga Gangga tetapi dengan semua usaha yang dilakukan tampaknya sia-sia, pemerintahpun akhirnya menyerah.

3.  Buriganga river, Bangladesh
juara ke 3
Sungai Buriganga adalah sungai utama yang mengalir di samping kota Dhaka, ibukota Banglades. Secara biologis sungai mati dalam keadaan yang sangat buruk pada tingkatan 80% tidak dapat digunakan secara langsung air yang mengalir ke sungai dan insulasi simpanan air bawah tanah.

4.  Yellow river from Lanzhou, China

juara harapan
Sungai kuning adalah sungai terpanjang kedua di Cina dan persediaan air utama untuk berjuta-juta orang di Cina utara. Tetapi sungai utama Lanzhou yang menjadi sumber utama air minum untuk dua juta masyarakat sekitar, sudah tercemar berat dengan minyak yang tercecer berlangsung setiap hari dan terkontaminasi oleh kegiatan industri.

5.  Marilao river, Philippines
safety first
Kantong plastik, sandal karet, celana pendek dan bangkai anjing, itu adalah beberapa barang-barang yang mungkin anda temukan di sungai Marilao. Airnya tercemar oleh bahan kimia beracun seperti krom, cadmium, tembaga dan arsenic yang membuat airnya sangat berbahaya. Meskipun kampanye dilakukan pemerintah daerah, masyarakat masih membuang sampah mereka di sungai, dan pabrik mengeluarkan limbahnya ke sungai dan menghasilkan air yang sangat tercemar.

6.  Ganges river, India
Ganga adalah sungai paling suci untuk umat hindu. Diperkirakan 2 juta orang melakukan upacara adat dengan cara mandi harian di sungai, meskipun tak aman dari sampah kimia, kotoran dan sisa mayat yang mengapung melintasi permukaan air, masyarakat tidak merasa takut akan hal itu.

7.  Songhua river, China
Songhua adalah Sungai di Timurlaut Cina, dan merupakan anak sungai terbesar sungai Heilong. Pada bulan november 2005, sungai dicemari dengan benzen, dan membuat berkurangnnya kebutuhan akan air sungai.

8.  The Mississippi river, USA
Sungai Mississippi adalah sumber utama ekonomi dan sumber alam untuk masyarakat yang hidup di Amerika Serikat. Sungai ini menyuplai saluran air hampir 40% untuk daerah Amerika Serikat, termasuk pusat daratan lahan pertanian dan diperkirakan 1.5 juta metrik ton polusi nitrogen ke teluk meksiko setiap tahun.

9.  The Sarno river, Italy
Sarno adalah sungai yang mengalir melewati Pompeii ke selatan kota Naple. Sungai ini dianggap paling tercemar di Eropa. Keadaan ini diperburuk oleh pembuangan skala luas dari limbah pertanian dan sampah industri ke sungai. Perairan yang tercemar mengalir ke teluk naple yang selanjutnya juga menambah kontaminasi air laut.

10.  The King River, Australia
Sungai King yang dibantah Australia sebagai sungai paling tercemar itu mengalami pencemaran akibat kegitan pertambangan yang mengakibatkan tingkat keasaman yang tinggi. Sekitar 1.5 juta ton “sulfidic tailing” masuk ke sistem sungai setiap tahun pada tahun 1995 dengan total lebih dari 100 juta ton sampai sekarang.
Itulah daftar sepuluh sungai paling buruk dan tercemar di dunia dan membahayakan kehidupan mahluk hidup yang ada di sekitarnya. Masih ada ratusan sungai seperti itu yang ekosistemnya terganggu akibat sampah plastik dan bahan-bahan beracun lainnya yang mengancam mahluk hidup dan tanaman-tanaman. Kita semua berpendidikan dan tidak memperdulikan masalah tersebut, kita mengetahui bahwa itu adalah prilaku yang tidak baik. Tapi kita masih tenang dan senang mengkonsumsi air botol mineral. Kami tidak meminta kalian semua untuk memikirkan dunia tetapi pikirkan masa depan kalian, seberapa lama anda meyakinkan diri sendiri stelah menyaksikan hal tersebut bahwa sungai yang ada sekarang akan selalu ada pada masa yang akan datang.”
  Kami berharap setelah melihat ini, kita dapat melakukan sesuatu untuk alam yang telah memberikan segala manfaatnya untuk kelangsungan mahluk hidup, kita tidak perlu berpikir susah dengan menjadi aktifis lingkungan untuk dapat menyelamatkan lingkungan alam kita tapi hanya menjadi manusia biasa yang bijak mengunakan sumber-sumber alam dan memelihara lingkungan yang ada di depan mata anda dengan “tidak membuang sampah sembarangan”.
Dan bagi industri, pabrik,hotel,mall,gedung-gedung bertingkat apalagi rumah sakit please help us.. kelola limbahmu demi kelangsungan alam dan generasi selanjutnya wasallam..

salah satu posting yang dikeluarkan zuzutop.]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar